SELAMAT DATANG

IPA - TEORI TENTANG AIR LAUT

Posted by : Jagoe

IPA
TEORI TENTANG AIR LAUT
Definisi/Pengertian Laut, Jenis/Macam Laut & Fungsi/Peran/Manfaat Laut
Dari sisi Bahasa Indonesia pengertian laut adalah kumpulan air asin dalam jumlah yang banyak dan luas yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau. Jadi laut merupakan air yang menutupi permukaan tanah yang sangat luas dan umumnya mengandung garam dan berasa asin. Biasanya air mengalir yang ada di darat akan bermuara ke laut.

Laut memiliki banyak fungsi / peran / manfaat bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya karena di dalam dan di atas laut terdapat kekayaan sumber daya alam yang dapat kita manfaatkan diantaranya yaitu :
        Tempat rekreasi dan hiburan
       Tempat hidup sumber makanan kita
       Sebagai jalur transportasi air
       Tempat membuang sampah berbahaya (fungsi buruk)
       Pembangkit listrik tenaga ombak, pasang surut, angin, dsb.
       Tempat budidaya ikan, kerang mutiara, rumput laun, dll.
       Tempat barang tambang berada
       Salah satu sumber air minum (desalinasi)
       Sebagai tempat cadangan air bumi
       Sebagai objek riset penelitian dan pendidikan
       . Tempat cewek matre berada (sori bercanda...), dan lain-lain.

 
MACAM MACAM / JENIS-JENIS LAUT

A.)   Jenis/Macam Laut Berdasarkan Sebab Terjadinya :
1.        Laut Ingresi : Adalah laut yang terjadi karena penurunan dasar laut dengan kedalaman 200 meter lebih.
2.       Laut Transgresi : Adalah laut yang terjadi karena terjadi peninggian permukaan air laut yang memiliki kedalaman kurang dari 200 meter.
3.        Laut Regresi : Adalah laut yang ada karena proses sedimentasi lumpur daratan yang masuk ke laut akibat erosi daratan.
B.)     Jenis/Macam Laut Berdasarkan Letak Laut :
1.       Laut Tepi : Adalah laut yang ada di tepi benua.
2.       Laut Pedalaman : Adalah laut yang dikelilingi oleh daratan benua yang hampir seluruhnya terkepung benua.
3.        Laut Tengah : Adalah laut yang ada di tengah-tengah antara benua.



PENJELASAN MENGAPA AIR LAUT ASIN

       Saat duduk santai di pinggir pantai melihat keindahan matahari terbenam di samudera yang maha luas, pernahkan terpikirkan oleh kita mengapa air laut terasa asin dan air sungai tidak.
       Menurut ilmuwan seluruh air di permukaan bumi ini, kecuali air hujan asin, tapi kadarnya berbeda-beda. Air yang kita minum juga mengandung garam tapi sangat sedikit sekali sehingga tak terasa oleh lidah kita. Kalau air laut kadar garamnya sangat tinggi, kalau kita minum rasakan aja sendiri.
       Jadi Mengapa Air Laut Terasa Asin
       Sumber garam berasal dari mineral-mineral yang terbentuk dan mengendap di lautan saat laut terbentuk. Dan juga di bawa oleh air sungai yang mengalir kelautan. Lama kelamaan air laut menjadi asin karena kadar garamnya semakin tinggi.




Kalau Air Sungai Masuk Kelaut, Kenapa Air Laut Tetap Asin?

       Tentu kita berpikir Sungai-sungai besar seperti sungai Musi, Kapuas, Siak , Amzon, Nil, semuanya bermuara di laut. Tapi kenapa air laut tetap asin?
       Jawabannya adalah karena proses alamiah yang diciptakan oleh yang maha kuasa. Kita tahu Air yang mengalir dari darat ke sungai akan di kembalikan lagi kedaratan melalui air hujan.
       Saat panas terik air laut akan menguap ke udara (sedangkan garam akan tetap mengendap di lautan) sehingga membentuk awan, awan ini bergerak kedaratan, setelah matang akan turun sebagai hujan, air hujan ini akan kembali kelautan melalui sungai dan membaw berbagai mineral. Siklus air ini akan terus berulang dan air laut pun akan tetap asin.




Seberapa Asin kah Air Laut

 Kadar garam (salinitas) bervariasi pada setiap lautan. Rata-rata salinitas Samudera sekitar 3,5%. Salinitas laut tertinggi terdapat di Laut Merah, Teluk Persia, kadar garamnya 4 %. Diperkirakan kadar garam laut di Bumi kita ini sekitar 5 x 10 pangkat 16 ton garam. Sebagai perbandingan Jika garam itu disebarkan di permukaan daratan di dunia ini tebalnya kira-kira 40 gedung bertingkat. Atau sekitar 1,02338 gram per kubik.

Sabtu, 21 September 2013

0 komentar:

Blogger News

Flag Counter
CIPUTRA RUSLAN. Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © 2012 CIPUTRA RUSLAN | Naruto Vs Sasuke V2 Theme | Designed by Ciputra Ruslan