SELAMAT DATANG

MERAWAT PERALATAN MULTIMEDIA (Macam-Macam Kerusakan Laptop)

Posted by : Jagoe

MACAM-MACAM KERUSAKAN LAPTOP
Adaptor laptop adalah salah satu komponen penting dari laptop. Tanpa adaptor ini, laptop tidak akan bisa digunakan, karena tidak ada sumber tegangannya. Adaptor  laptop ini banyak juga yang mengalami masalah, di antaranya adalah berkedipnya lampu adaptor ketika digunakan untuk mengisi batery laptop.
Jika anda mengalami lampu adaptor anda berkedip, kemungkinan besar sudah terjadi kerusakan pada adaptor anda. Dan saran kami, jangan gunakan sementara adaptor laptop maupun laptop anda sebelum ketahuan secara pasti kerusakan yang terjadi.

2.   Mati atau Power Failure
Untuk kasus mati yang perlu anda cek pertama kali adalah batery laptop anda.  Kemungkinan batery laptop anda habis total. Coba lakukan pengisian dan tunggu kira-kira 1/2 jam. Penyebab lain adalah adaptor laptop yang tidak berfungsi. Anda dapat cek dengan lampu indikator carger di laptop menyala ketika laptop di kasih adaptor. Jika lampu indikator tidak nyala, ada kemungkinan adaptor yang rusak ataupun konektor power boardyang rusak atau board laptopnya yang rusak. Kemungkinan lain board laptop mati total sehingga menyebabkan laptop mati total sama sekali.

3.    TAMPILAN LCD BERGARIS, WARNA KURANG TAJAM DAN MISSING COLOR
LCD Laptop adalah salah satu komponen laptop yang cukup mahal harganya apabila terjadi penggantian akibat rusak. Rusaknya LCD laptop ini memang disebabkan oleh banyak faktor, bisa karena faktor bawaan dari pabrik ataupun faktor manusia yang menggunakannya yaitu di perlakuan dan cara merawat LCD laptop itu sendiri.
Permasalahan yang sering dihadapi oleh pengguna laptop antara lain adalah LCD dengan tampilan bergaris, tampilan bergetar , warna kurang tajam, dan missing color. Permasalahan ini banyak dialami oleh LCD yang masih menggunakan inverter atau neon sebagai backlightnya. dan sebagian besar kerusakan LCD susah ditangani kecuali dengan penggantian.

Bagi Anda pengguna laptop dengan sistem operasi Windows 7, cepat atau lambat Anda pasti akan mendapatkan notifikasi “consider replacing your battery” disertai dengan munculnya tanda silang merah di ikon baterai yang ada di system tray. Notifikasi yang muncul ketika Windows 7 “menganggap” baterai laptop Anda sudah saatnya diganti.

Perlu diketahui bahwa notifikasi ini muncul ketika Windows 7 mendeteksi bahwa kapasitas baterai laptop Anda sudah kurang dari 40% kapasitas seharusnya, dan karenanya sudah selayaknya diganti. Namun demikian, sudah banyak laporan dari pengguna Windows 7 di berbagai pelosok dunia yang menyatakan bahwa kadangkala Windows 7 salah dalam mendeteksi kapasitas baterai laptop. Bahkan pernah ada seorang pengguna yang sudah mengganti baterai laptopnya dengan yang baru namun masih tetap mendapatkan notifikasi ini.


5.    Lampu power nyala tapi layar LCD tidak menampilkan gambar.
Coba cek dengan memasang monitor eksternal pada port VGA di laptop anda. Kemudian hidupkan laptop anda, jika laptop masih mati, kemungkinan kerusakannya adalah VGA, Prosessor, mainboard, IC BIOS, atau RAM yang kotor atau rusak. Coba lakukan cek satu per satu.
Dan jika monitor eksternal hidup dan tampil gambar dengan normal, kemungkinan kerusakan ada di inverter LCD, kabel flexibel LCD, ataupun LCD monitor anda. Jika kerusakan ada di Layar LCD, maka anda harus mengganti Layar LCD tersebut, karena layar LCD tidak bisa diperbaiki.

6.    Masalah Pendinginan Laptop
Permasalahan umum yang sering dihadapi pemakai laptop adalah masalah panas, bagaimanapun juga panas adalah musuh utama dari laptop, hampir 75 % kerusakan laptop disebabkan panas yang berlebihan. Apalagi di dalam casing laptop hampir tidak ada ruang kosong semuanya dipenuhi dengan komponen. Masalah yang sering muncul dibagian ini adalah tersumbatnya saluran pembuangan panas pada heatsink karena tertutup oleh debu. Hal ini menyebabkan panas yang seharusnya dikeluarkan kembali masuk ke dalam laptop. Akibatnya suhu di dalam laptop meningkat dari yang seharusanya diperbolehkan. Hal ini dapat menyebabkan over heating pada VGA chip, Procesor, dan komponen mainboard laptop yang lain.
7.    Masalah Port dan Konektor Power
Masalah ini juga sering terjadi. Hal ini diakibatkan oleh retaknya solderan yang ada di konektor ataupun port tersebut. Retaknya solderan disebabkan oleh panas dan umur dari laptop itu sendiri. Solusinya adalah melakukan solder ulang terhadap bagian yang mengalami keretakan solderan.

( Layar Biru Kematian ), atau kadang disebut “layar biru” – Blue Screen adalah istilah populer untuk layar yang ditampilkan Microsoft Windows ketika mengalami kesalahan sistem ( atau disebut stop error oleh Microsoft ). BSOD milik Windows NT, 2000, XP, atau Vista biasanya lebih serius daripada Windows sebelumnya. Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya BSOD ini. Diantaranya driver peralatan yang tidak bagus, kesalahan memori, registry yang rusak atau penggunaan file DLL yang tidak cocok. Berbagai bentuk BSOD terdapat pada seluruh sistem operasi Windows sejak Windows 3.1. BSOD merupakan pengganti black screen of death ( layar hitam kematian ) yang muncul pada OS/2 dan MS-DOS.Dalam versi awal dari Windows Vista juga terdapat red screen of death atau layar merah kematian, yang digunakan pada kesalahan boot loader.

Cara Mengatasi Blue Screen

Mencari kesalahan ataupun kerusakan dengan error BSoD ini cukup menyusahkan, meskipun kita sudah dapat melacak kira-kira kesalahan/kerusakan yang menimbulkan-muncul layar biru-BSoD pada monitor ini, lebih didominasi adanya Kerusakan Hardware ataupun Crash Driver lama dan baru.

9.   AC Power Adapter

Lampu power berkedip tak menentu dan lampu baterai charge berkedip lalu mati ketika jack adaptor dicolokan pada laptop.
kerusakan : pada jack adaptor atau pada adaptor.
Kemungkinan langkah pemecahan masalah dan solusi perbaikannya adalah:
Stop kontak kemungkinan terlalu renggang sehingga steker adaptor tidak terjepit atau kemungkinan stop kontak mengalami kerusakan.
Adaptor laptop rusak atau tidak mengeluarkan arus, periksa output arus pada jack adaptor dengan multimeter pada posisi skala dc volt.



10.                Backlight lamp
Lampu latar atau backlight laptop berhenti bekerja tanpa alasan apapun.
Layar itu bekerja dengan baik beberapa waktu lalu tapi sekarang sangat gelap. Gambar masih terlihat di layar tapi itu nyaris tak terlihat. Ketika laptop reboot, layar tetap sangat gelap.
Kemungkinan penyebabnya:
1. Backlight inverter rusak
2. Backlight lampu rusak.

Kemungkinan langkah pemecahan masalah dan solusi perbaikan:
1. Kemungkinan besar hal ini berkaitan dengan kerusakan backlight inverter. Papan inverter dipasang di dalam panel tampilan laptop dan dalam kebanyakan model dipasang di bawah layar LCD.
Ketika papan inverter rusak, layar laptop tampilannya benar-benar gelap dan gambar pada layar menjadi nyaris tak terlihat.
solusi yang baik untuk memperbaiki masalah backlight yaitu dengan mengganti papan inverter.
2. Jika inverter baru tidak mengatasi masalah, tampaknya Anda memiliki lampu backlight yang salah di dalam layar LCD, solusinya adalah anda harus mengganti layar LCD.

11. Video Cable
Gambar pada layar laptop terhenti dan perlahan-lahan berubah menjadi putih
Spontan gambar pada layar laptop akan berhenti dan kemudian perlahan-lahan menjadi putih dengan beberapa bercak abu-abu samar.
Jika anda geser atau tekuk posisi monitor kearah depan, kadang-kadang gambar kembali normal.
Laptop bekerja baik nila menggunakan monitor eksternal.

Kemungkinan penyebabnya:
1. Buruknya hubungan antara kabel video dan layar LCD.
2. Kerusakan layar LCD.

langkah pemecahan masalah dan solusi perbaikan:
Pertama -tama, coba hubungkan kembali kabel video di bagian belakang layar LCD. Ada kemungkinan bahwa kabel video tidak membuat kontak yang baik dengan layar LCD.
Jika menghubungkan kembali kabel tidak membantu, kemungkinan besar ini adalah kerusakan layar LCD.
mungkin ada komponen yang rusak atau solder yang kendor di controller board layar dan dalam hal ini layar LCD harus diganti dengan yang baru


Sabtu, 07 September 2013

0 komentar:

Blogger News

Flag Counter
CIPUTRA RUSLAN. Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © 2012 CIPUTRA RUSLAN | Naruto Vs Sasuke V2 Theme | Designed by Ciputra Ruslan