SELAMAT DATANG

TEORI TERBENTUKNYA NEGARA

Posted by : Jagoe

TEORI TERBENTUKNYA NEGARA
·         TEORI KONTRAK SOSIAL :negaradibentukberdasarkanperjanjian-perjanjianmasyarakat
Teoriiniterpenting, tertua, danbersifatuniversal.

·         PENGANUTNYA ~ pakarpahamkenegaraaanyangabsolutissampaipahamyangkenegaraanyangterbatas.

Thomas Hobbes: “sayamemberikankekuasaandanmenyerahkanhakmemerintahkepadaorangyangadadalamdewandengansyaratbahwasayamemberikanhakkepadanyadanmemberikankeabsahanseluruhtindakandalamsuatucaratertetntu.
John Locke: Suatupemufakatanyang dibuatberdasarkansuaraterbanyakdapatdianggapsebagaitindakanseluruhmasyarakat, karenapersetujuanindividu-individuuntukmembentuknegara, mewajibkanindividulainuntukmentaatinegaraygdibentukdgsuaraterbanyakitu. Negara ygdibentukdgsuaraterbanyaktsbtidakdapatmengambilhak-hakmilikmanusia&hak-haklainnyaygtdkdapatdilepaskan.

Jean Jacques Rousseau: Negara atauBadanKorporatifkolektifdibentukuntukmenyatakan“kemauanumumnya”danditujukanpadakebahagianbersama. Selainitunegarajugamemperhatikankepentinganindividual, kedaulatannyaberadadalamtanganrakyatmelaluikemauanumumnya.
John Locke: DasarkontraktualdarinegaradikemukansebagaiPERINGATANbahwakekuasaaanpenguasatidakpernahmutlaktetapiselaluTERBATAS, sebabdalammengadakanperjanjiandenganseorangatausekelompokorang, individu-individutidakmenyerahkanseluruhhak-hakalamiahnya.
KEADAAN ALAMIAH diumpakansbgkeadaansebelummanusiamelakukandosa~ suatukeadaan yang amandanbahagia.Dalamkeadaanalamiahhidupindividubebasdan
sederajat, semuanyadihasilkansendiriolehindividu, danindividutsbpuas.


TeorikontraksosialberkembangdandipengaruhiolehpemikiranJamanPencerahan (Enlightenment) yang ditandaidenganrasionalisme, realisme, danhumanisme, yang menempatkanmanusiasebagaipusatgerakdunia.Pemikiranbahwamanusiaadalahsumberkewenangansecarajelasmenunjukkankepercayaanterhadapmanusiauntukmengeloladanmengatasikehidupanpolitikdanbernegara.Dalamperspektifkesejarahan, JamanPencerahaniniadalahkoreksiataureaksiatasjamansebelumnya, yaituJamanPertengahan.Walau pun begitu, pemikiran-pemikiran yang muncul di JamanPencerahantidaklahsemuanyabaru.Sepertitelahdisinggung di atas, teorikontraksosial yang berkembangpadaJamanPencerahanternyatasecarasamar-samartelahdiisyaratkanolehpemikir-pemikirjaman-jamansebelumnyasepertiKongfucudan Aquinas.Yang jelasadalahbahwapadaJamanPencerahaniniunsur-unsurpemikiran liberal kemanusiaandijadikandasarutamaalurpemikiran.

TEORI KETUHANAN
menjelaskanbahwaterbentuknyanegaraadalahkarenadiciptakanolehTuhan.PenguasaataupemerintahsuatunegaraditunjukatauditentukanolehTuhan, sehinggawalau pun penguasaataupemerintahmempunyaikewenangan, sumberkewenangantetapadalahTuhan.OlehkarenasumberkewenanganadalahTuhan, penguasaataupemerintahbertanggungjawabkepadaTuhan, bukankepadarakyat yang dikuasaiataudiperintahmerekaberperandalamnegara.

TEORI KEKUATAN
menjelaskanbahwaterbentuknyanegaraadalahkarenahasilpenaklukandankekerasanantarmanusia. Yang kuatdanmampumenguasai yang lainmembentuknegaradanmemaksakanhaknyauntukmenguasaidanmemerintahnegara. Sumberkewenangandalamteoriiniadalahkekuatanitusendiri, karenakekuatanitu yang membenarkankekuasaandankewenangan.
TEORI ORGANIS
menjelaskanbahwaterbentuknyanegaraadalahkarenakebutuhanmanusiauntukaktualisasikemanusiaannya.Negara adalahwadahtertinggiuntukaktualisasimanusia.Selainnegara, duawadah lain yang tingkatnyalebihrendahadalahkeluargadandesa. Di dalamkeluarga, manusiamengakutalisasikandiri di bidangfisik, karenakeluargamenyediakanpemenuhankebutuhan-kebutuhanfisikmanusia.Di dalamdesa, manusiamengaktualisasidiri di bidangsosial, karenadesamenyediakanpemenuhanhasratuntukberkawandanbermasyarakat.
Di dalamnegara, manusiamengaktualisasikandiri di bidang moral danpolitikuntukmenjadimanusiasepenuhnyakarenamanusiamampumengaktualisasikanhasrat moral danpolitik yang tidakbisaterpenuhi di dalamwadahkeluargadandesa.Olehkarenaitumanusiabisasempurnahanyabilamerekaberperandalamnegara.
TEORI HISTORIS
materialismedigagasoleh Marx dan Engel.Padadasarnyateoriinimenyorotiperubahanmodaproduksisehinggamelahirkanperubahanpadaberbagaiaspek.Sumberperubahankebudayaan (tentusajaperubahansosialtermasuk di dalamnya) disebabkanolehfaktor material, yaituteknologi.Perspektifmaterialistisbertumpupadapemikiran Marx yang menyatakanbahwakekuatanproduksiberperanpentingdalammembentukmasyarakatdanperubahansosial.Marx memberikanpenjelasanbahwapadamasateknologimasihterbataspadakinciranginmemberikanbentuktatananmasyarakat yang feodal, sedangkanketikamesinuaptelahditemukantatananmasyarakatmenjadibercirikan industrial kapitalis.Perspektifinimelihatbahwabentukpembagiankelas-kelasekonomimerupakandasaranatomisuatumasyarakat

TEORI LENYAPNYA NEGARA

1)      TEORI ORGANISASI TOKOH
Harbert spencer, f.j. schmittenner, constantinfrantz, danbluntschi.Para penganutteoriberpendapatbahwa Negara adalahsuatu organism, selayaknyamakhlukhidup.Individu yang menjadikomponen Negara di ibaratkansebagaisel-selmahlukhidupitu.Fisiologi Negara samadenganmahlukhidupygmengalamikelahiran, pertumbuhan, perkembangandankematian.
2)      TEORI ANARKHIS
Anarkismeatau di ejaanarkhismeyaitusuatupaham yang mempercayaibahwasegalabentuk Negara, pemerintahan, dengankekuasaannyaadalahlembaga-lembaga yang menumbuhsuburkanpenindasanterhadapkehidupan, olehkarnaitu Negara, pemerintahan, besertaperangkatnyaharus di hilangkan / dihancurkan.
3)      TEORI MARXISME
Marximeadalahsebuahpaham yang mengikutipandangan-pandangandarikarlmrks.Marx menyusunsebuahteoribesar yang berkaitandengan system ekonomi, system social dan system politik.Pengikutpengikutteoriinidisebutsebagaimarxis.
Kamis, 05 September 2013

0 komentar:

Blogger News

Flag Counter
CIPUTRA RUSLAN. Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © 2012 CIPUTRA RUSLAN | Naruto Vs Sasuke V2 Theme | Designed by Ciputra Ruslan