TEORI TERBENTUKNYA NEGARA
·
TEORI KONTRAK SOSIAL
:negaradibentukberdasarkanperjanjian-perjanjianmasyarakat
Teoriiniterpenting, tertua, danbersifatuniversal.
Teoriiniterpenting, tertua, danbersifatuniversal.
·
PENGANUTNYA ~
pakarpahamkenegaraaanyangabsolutissampaipahamyangkenegaraanyangterbatas.
Thomas Hobbes:
“sayamemberikankekuasaandanmenyerahkanhakmemerintahkepadaorangyangadadalamdewandengansyaratbahwasayamemberikanhakkepadanyadanmemberikankeabsahanseluruhtindakandalamsuatucaratertetntu.
John Locke: Suatupemufakatanyang dibuatberdasarkansuaraterbanyakdapatdianggapsebagaitindakanseluruhmasyarakat, karenapersetujuanindividu-individuuntukmembentuknegara, mewajibkanindividulainuntukmentaatinegaraygdibentukdgsuaraterbanyakitu. Negara ygdibentukdgsuaraterbanyaktsbtidakdapatmengambilhak-hakmilikmanusia&hak-haklainnyaygtdkdapatdilepaskan.
Jean Jacques Rousseau: Negara atauBadanKorporatifkolektifdibentukuntukmenyatakan“kemauanumumnya”danditujukanpadakebahagianbersama. Selainitunegarajugamemperhatikankepentinganindividual, kedaulatannyaberadadalamtanganrakyatmelaluikemauanumumnya.
John Locke: DasarkontraktualdarinegaradikemukansebagaiPERINGATANbahwakekuasaaanpenguasatidakpernahmutlaktetapiselaluTERBATAS, sebabdalammengadakanperjanjiandenganseorangatausekelompokorang, individu-individutidakmenyerahkanseluruhhak-hakalamiahnya.
KEADAAN ALAMIAH diumpakansbgkeadaansebelummanusiamelakukandosa~ suatukeadaan yang amandanbahagia.Dalamkeadaanalamiahhidupindividubebasdan
sederajat, semuanyadihasilkansendiriolehindividu, danindividutsbpuas.
TeorikontraksosialberkembangdandipengaruhiolehpemikiranJamanPencerahan (Enlightenment) yang ditandaidenganrasionalisme, realisme, danhumanisme, yang menempatkanmanusiasebagaipusatgerakdunia.Pemikiranbahwamanusiaadalahsumberkewenangansecarajelasmenunjukkankepercayaanterhadapmanusiauntukmengeloladanmengatasikehidupanpolitikdanbernegara.Dalamperspektifkesejarahan, JamanPencerahaniniadalahkoreksiataureaksiatasjamansebelumnya, yaituJamanPertengahan.Walau pun begitu, pemikiran-pemikiran yang muncul di JamanPencerahantidaklahsemuanyabaru.Sepertitelahdisinggung di atas, teorikontraksosial yang berkembangpadaJamanPencerahanternyatasecarasamar-samartelahdiisyaratkanolehpemikir-pemikirjaman-jamansebelumnyasepertiKongfucudan Aquinas.Yang jelasadalahbahwapadaJamanPencerahaniniunsur-unsurpemikiran liberal kemanusiaandijadikandasarutamaalurpemikiran.
John Locke: Suatupemufakatanyang dibuatberdasarkansuaraterbanyakdapatdianggapsebagaitindakanseluruhmasyarakat, karenapersetujuanindividu-individuuntukmembentuknegara, mewajibkanindividulainuntukmentaatinegaraygdibentukdgsuaraterbanyakitu. Negara ygdibentukdgsuaraterbanyaktsbtidakdapatmengambilhak-hakmilikmanusia&hak-haklainnyaygtdkdapatdilepaskan.
Jean Jacques Rousseau: Negara atauBadanKorporatifkolektifdibentukuntukmenyatakan“kemauanumumnya”danditujukanpadakebahagianbersama. Selainitunegarajugamemperhatikankepentinganindividual, kedaulatannyaberadadalamtanganrakyatmelaluikemauanumumnya.
John Locke: DasarkontraktualdarinegaradikemukansebagaiPERINGATANbahwakekuasaaanpenguasatidakpernahmutlaktetapiselaluTERBATAS, sebabdalammengadakanperjanjiandenganseorangatausekelompokorang, individu-individutidakmenyerahkanseluruhhak-hakalamiahnya.
KEADAAN ALAMIAH diumpakansbgkeadaansebelummanusiamelakukandosa~ suatukeadaan yang amandanbahagia.Dalamkeadaanalamiahhidupindividubebasdan
sederajat, semuanyadihasilkansendiriolehindividu, danindividutsbpuas.
TeorikontraksosialberkembangdandipengaruhiolehpemikiranJamanPencerahan (Enlightenment) yang ditandaidenganrasionalisme, realisme, danhumanisme, yang menempatkanmanusiasebagaipusatgerakdunia.Pemikiranbahwamanusiaadalahsumberkewenangansecarajelasmenunjukkankepercayaanterhadapmanusiauntukmengeloladanmengatasikehidupanpolitikdanbernegara.Dalamperspektifkesejarahan, JamanPencerahaniniadalahkoreksiataureaksiatasjamansebelumnya, yaituJamanPertengahan.Walau pun begitu, pemikiran-pemikiran yang muncul di JamanPencerahantidaklahsemuanyabaru.Sepertitelahdisinggung di atas, teorikontraksosial yang berkembangpadaJamanPencerahanternyatasecarasamar-samartelahdiisyaratkanolehpemikir-pemikirjaman-jamansebelumnyasepertiKongfucudan Aquinas.Yang jelasadalahbahwapadaJamanPencerahaniniunsur-unsurpemikiran liberal kemanusiaandijadikandasarutamaalurpemikiran.
TEORI KETUHANAN
menjelaskanbahwaterbentuknyanegaraadalahkarenadiciptakanolehTuhan.PenguasaataupemerintahsuatunegaraditunjukatauditentukanolehTuhan, sehinggawalau pun penguasaataupemerintahmempunyaikewenangan, sumberkewenangantetapadalahTuhan.OlehkarenasumberkewenanganadalahTuhan, penguasaataupemerintahbertanggungjawabkepadaTuhan, bukankepadarakyat yang dikuasaiataudiperintahmerekaberperandalamnegara.
TEORI KEKUATAN
menjelaskanbahwaterbentuknyanegaraadalahkarenahasilpenaklukandankekerasanantarmanusia. Yang kuatdanmampumenguasai yang lainmembentuknegaradanmemaksakanhaknyauntukmenguasaidanmemerintahnegara. Sumberkewenangandalamteoriiniadalahkekuatanitusendiri, karenakekuatanitu yang membenarkankekuasaandankewenangan.
TEORI ORGANIS
menjelaskanbahwaterbentuknyanegaraadalahkarenakebutuhanmanusiauntukaktualisasikemanusiaannya.Negara adalahwadahtertinggiuntukaktualisasimanusia.Selainnegara, duawadah lain yang tingkatnyalebihrendahadalahkeluargadandesa. Di dalamkeluarga, manusiamengakutalisasikandiri di bidangfisik, karenakeluargamenyediakanpemenuhankebutuhan-kebutuhanfisikmanusia.Di dalamdesa, manusiamengaktualisasidiri di bidangsosial, karenadesamenyediakanpemenuhanhasratuntukberkawandanbermasyarakat.
Di dalamnegara, manusiamengaktualisasikandiri di bidang moral danpolitikuntukmenjadimanusiasepenuhnyakarenamanusiamampumengaktualisasikanhasrat moral danpolitik yang tidakbisaterpenuhi di dalamwadahkeluargadandesa.Olehkarenaitumanusiabisasempurnahanyabilamerekaberperandalamnegara.
TEORI HISTORIS
materialismedigagasoleh Marx dan Engel.Padadasarnyateoriinimenyorotiperubahanmodaproduksisehinggamelahirkanperubahanpadaberbagaiaspek.Sumberperubahankebudayaan (tentusajaperubahansosialtermasuk di dalamnya) disebabkanolehfaktor material, yaituteknologi.Perspektifmaterialistisbertumpupadapemikiran Marx yang menyatakanbahwakekuatanproduksiberperanpentingdalammembentukmasyarakatdanperubahansosial.Marx memberikanpenjelasanbahwapadamasateknologimasihterbataspadakinciranginmemberikanbentuktatananmasyarakat yang feodal, sedangkanketikamesinuaptelahditemukantatananmasyarakatmenjadibercirikan industrial kapitalis.Perspektifinimelihatbahwabentukpembagiankelas-kelasekonomimerupakandasaranatomisuatumasyarakat
materialismedigagasoleh Marx dan Engel.Padadasarnyateoriinimenyorotiperubahanmodaproduksisehinggamelahirkanperubahanpadaberbagaiaspek.Sumberperubahankebudayaan (tentusajaperubahansosialtermasuk di dalamnya) disebabkanolehfaktor material, yaituteknologi.Perspektifmaterialistisbertumpupadapemikiran Marx yang menyatakanbahwakekuatanproduksiberperanpentingdalammembentukmasyarakatdanperubahansosial.Marx memberikanpenjelasanbahwapadamasateknologimasihterbataspadakinciranginmemberikanbentuktatananmasyarakat yang feodal, sedangkanketikamesinuaptelahditemukantatananmasyarakatmenjadibercirikan industrial kapitalis.Perspektifinimelihatbahwabentukpembagiankelas-kelasekonomimerupakandasaranatomisuatumasyarakat
TEORI LENYAPNYA NEGARA
1)
TEORI ORGANISASI TOKOH
Harbert
spencer, f.j. schmittenner, constantinfrantz, danbluntschi.Para
penganutteoriberpendapatbahwa Negara adalahsuatu organism,
selayaknyamakhlukhidup.Individu yang menjadikomponen Negara di
ibaratkansebagaisel-selmahlukhidupitu.Fisiologi Negara
samadenganmahlukhidupygmengalamikelahiran, pertumbuhan,
perkembangandankematian.
2)
TEORI ANARKHIS
Anarkismeatau
di ejaanarkhismeyaitusuatupaham yang mempercayaibahwasegalabentuk Negara,
pemerintahan, dengankekuasaannyaadalahlembaga-lembaga yang menumbuhsuburkanpenindasanterhadapkehidupan,
olehkarnaitu Negara, pemerintahan, besertaperangkatnyaharus di hilangkan /
dihancurkan.
3)
TEORI MARXISME
Marximeadalahsebuahpaham yang
mengikutipandangan-pandangandarikarlmrks.Marx menyusunsebuahteoribesar yang
berkaitandengan system ekonomi, system social dan system
politik.Pengikutpengikutteoriinidisebutsebagaimarxis.
0 komentar: